Wednesday, June 17, 2015

Kehabisan Ide Hantaran Lebaran Istimewa untuk Ibu? Nggak Lagi Dong!

“Besok tidak usah bikin kue lebaran aja”, ujar ibu kemarin sore. Saya yang tengah asyik memangku Sita jadi terkejut. 

“Kenapa bu? Ibu tidak suka?”, tanya saya penuh keheranan. Sudah tiga tahun ini saya selalu membuat hantaran lebaran istimewa untuk ibu berisi aneka kue kering saat lebaran. Ibu pun selalu menerimanya dengan senang hati.

“Nanti kamu repot. Sita khan belum bisa main sendiri.”, jawab ibu. Sita, anak kedua saya memang baru berumur 5 bulan dan masih sangat bergantung dengan saya. Membuat kue kering, salah satunya kastengel andalan yang kaya rasa keju memang memakan banyak waktu. Selain proses pembuatannya yang lama, saya juga biasanya mengerjakan sendiri. Tidak ada yang telaten membentuk kue kering seperti saya, termasuk ibu. Oleh karena itu, mau tidak mau saya mengiyakan.

kue kering kopi tabur keju. resep disini.
Meskipun mengiyakan perkataan ibu, dalam hati saya sedih. Selain untuk sajian dirumah, ibu juga suka membagikan sebagian hantaran dari saya kepada saudara-saudara untuk bingkisan lebaran. Melihat ibu membagikan bingkisan dengan gembira dan bangga menyebutkan ini buatan anak sendiri merupakan kesenangan saya. Jika tidak membuat kue kering seperti biasanya, saya akan kehilangan momen itu di lebaran tahun ini.

Tak ingin kehilangan kesempatan indahnya berbagi cinta untuk ibu di saat lebaran, saya berselancar di internet mencari ide hantaran lebaran istimewa untuk ibu yang mudah dan cepat dibuat. Tak disangka saya menemukannya di website kejumoo.com. Ada banyak resep cemilan unik dan cantik untuk isian hantaran. Saya memilih Stik Keju Pedas. Bahan dan proses pembuatannya terlihat mudah.

Malam hari saat Sita sudah tidur, saya mencoba membuat Stik Keju Pedas. Cukup menuangkan campuran 200 gram tepung ketan dan 1 sdt bubuk cabe dalam kocokan 4 butir telur, tambahkan 200 gram keju craft yang diparut, aduk rata lalu cetak dengan scetakan mie atau stik diatas wajan berisi minyak panas. Goreng sebentar sampai kekuningan, angkat dan tiriskan. Selain cepat, hasilnya juga banyak. Ibu yang melihat saya sibuk di dapur lalu mendekati saya. 

“Goreng apa?”, tanya ibu singkat.

Saya menyodorkan stik keju pedas lalu berkata, “Bikin stik keju buk, mau coba?”

stik keju pedas ala kejumoo
Ibu yang memang suka cemilan ringan rasa pedas nampak tertarik dan mencicipi.

“Wah, enak, gurih lagi. Pedasnya pas.” puji ibu sambil mengambil stik keju pedas lagi. Padahal biasanya ibu tidak terlalu suka cemilan yang terbuat dari keju. “Hasilnya banyak ya? Ini yang bikin barusan?”, tanya ibu. Saya mengangguk sambil tersenyum puas.

“Bikin ini aja buat sajian dan bingkisan lebaran. Ibu mau bantu kalau cuma goreng-goreng”.

Permintaan ibu tentu saja saya sanggupi dengan penuh semangat. Ini artinya saya mempunyai kesempatan membuat hantaran lebaran istimewa untuk ibu seperti biasanya. Selain itu saya juga bisa memberikan cemilan bergizi dari keju yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin D. Tentinya ini baik bagi kesehatan tulang  ibu yang sudah memasuki usia senja. Untung ada kreasi kejumoo. Kehabisan ide hantaran istimewa untuk ibu? Nggak lagi dooong.

Sita pun suka dengan Keju Craft

15 comments:

  1. Mau dong stik keju pedasnya. Saya suka... saya suka... *alaala Mey Mey*

    ReplyDelete
  2. Wahhh...ngiler sama stik keju pedasnya ...

    ReplyDelete
  3. Stik kejunya enak nih, mba. Kapan2 bikin ah.

    ReplyDelete
  4. waaaah, stick keju pedaaas, mauuuu

    ReplyDelete
  5. stick keju pedas? penasaran gimana rasanya mba :D

    ReplyDelete
  6. Ih Mbak, aku malah ngiler lho pengen stick keju terus ditabur sama itu tuh yang bubuk pedas yang ada levelnya. Yaammmiiii deh.

    ReplyDelete
  7. Ini artikel yg saya cari mba, makasih saya segera mau nyoba, bagi sahabat yg juga ingin tau resep saya membuat rendang ala payokumbuah sumatera barat main dan liat posting resep rendang saya di http://www.harryaalfha.com/2015/06/resep-membuat-rendang.html

    ReplyDelete
  8. enaknyaaaa..... sini donk testernya Fen ;)

    ReplyDelete
  9. Stik nya minta dicicipi dakuw tuh, Fen :D

    ReplyDelete
  10. saya juga mau mba fenny, stick keju pedas sebagai hantaran lebaran :)

    ReplyDelete
  11. Looking for the best writing service online but lost in the number of fake reviews and don’t know who to believe? We at ScamFighter publish only genuine reviews on all writing service from the web. Look at the last review on: https://scamfighter.net/review/essaylab.com

    ReplyDelete

Berbagi pengalaman yuuuk ibu-ibu belajar masak. Ditunggu di form komentar dibawah ini yaaa (^-^)